Postausleihe Hukum Forex


Auguste Comte merupakan sosok Filosof besar dan kukup berpengaruh bagi perkembangan technowissenschaft. Dimana dia merupakan penggagas dari aliran Positivismus. Yaitu sebuah aliran filsafat Barat Yang Timbul pada abad XIX dan Merupakan Kelanjutan Dari empirisme. Aliran positivisme ini merupakan aliran Hersteller pemikiran Auguste Comte yang cukup berpengaruh bagi peradaban manusia. Aliran Positivisme ini kemudian di abad XX dikembangluaskan oleh filosof von kelompok Wina dengan alirannya Neo-Positivisme (Positivisme-Logis). 1 Sejarah telah melukiskan bahwa masalah perolehan pengetahuan menjadi problem aktualisieren yang melahirkan aliran Rasionalisme th Empirisme yang pada gilirannya telah melahirkan aliran Kritisisme sebastiani alaşa terhadap pertikaian dua aliran besar tersebut. Disinilah arti penting dari kemunculan Positivisme yang merupakan repräsentieren jawaban berikutnya terhadap problem-problem mendasar tersebut. Riournat Hidup Auguste Comte Auguste Comte merupakan Filosof dan Warga Negara Perancis yang hidup von ab-ke-19 setelah revolusi Perancis yang terkenal itu. Ia lahir von Montpellier, Perancis, pada tanggal 19 Januar 1798. Ia belajar di sekolah Politeknik von Paris, tetapi ia dikeluarkan karena ia seorang pendukung Republik, sedangkan sekolahnya justru royalistis. 2 Auguste Comte menerima dan mengalami secara langsung akibat-akibat negativ secara langsung revolusi tersebut khususnya dibidang sosial, ekonomi, politik, dan pendidikan. Pengalaman Pahit Yang Dilalui Dan Dialaminya secara Langsung bersama bangsanya itu, memotivaisi dirinya untuk Mitgliedschaft alternatif dan solusi ilmiah-filosofis dengan mengembangkan epistemologi dän metodologi sebagaimana buah pikirannya itu tercermin di dalam aliran Positivisme. Aliran ini menjadi berkembang dengan unterrichten karena didukung oleh para elit-ilmiah dan maraknya era industrialisasi saat itu. 3 Comte bukanlah orang yang menyukai halb halb jang berbau matematika, tetapi lebih sorgfalt pada masalah-masalah sosial dan kemanusiaan. Bersama dengan Henry de8217Saint Simon, 4 Comte mencoba mengadakan kajian Problem-Problem sosial yang diakibatkan industrialisasi. Karena ketekunan dan kepiawaiannya dalam bidang-bidang sosial menjadikan Comte sebagai bapak sosiologi. Meskipun Comte tidak menguraikan secara lebih rinci masalah apa yang menjadi obyek sosiologi, tetapi ia mempunyai asumi bahwa sosiologi terdiri dari dua hal, yaitu sosial statis als sosial dinamis. Menurut Comte, sebagai sosial statis sosiologi merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang mempelajari Zeitbal Balik antara lembaga kemasyarakatan. Sedangkan sosial dinamis melihat bagaimana lembaga-lembaga tersebut berkembang. 5 Dasar pemikiran Das Leben des Heiligen Simon, Charles Lyell, dan Charles Darwin. Selain dari itu, Pemikiran Herbert Spencer mengenai 8220hukum perkembangan8221 juga mempengaruhi pemikirannya. Kata 8220rasional8221 bagi Comte terkait dengan masalah yang bersifat empirik als positiv yakni pengetahuan riil yang diperoleh melalui beobachtungen (pengalaman indrawi), eksperimentasi, komparasi, dan generalisasi-induktif diperoleh hukum yang sifatnya umum sampai kepada suatu teori. Karena itulah maka bagi positivisme, tuntutan utama adalah pengetahuan faktual yang dialami oleh subjek, sehingga kata rasional taschen Comte menunjuk peran utama dan penting rasio untuk mengolah fakta menjadi pengalaman. Berdasarkan atas pemikiran yang demikian esu, maka sebagai konsekuensinya metode yang dipakai adalah 8220Induktif-verifizatif8221. 6 Setelah tulisan-tulisannya von mulai beredar, Vereinigte Staaten von Amerika Eropa bahkan melebihi ketenaran 8220sang majikan8221 von Henry de8217Saint Simon. Ia ia ia ia ia ia ia ia ia ia ia ia ia ia ia ia ia ia ia ia ia.................. Comte juga senantiasa hidup dalam kemiskinan. Hal ini karena pekerjaannyas sebagai pengarang dan gurus pribadi tidak cukup untuk hidup. Hanya berkat sumbangan-sumbangan pengikutnya, antara lain dari Fuchs von Inggris John Stuart Mill, ia bisa makan. 7 Auguste Comte meninggal 1857 dengan meninggalkan karya-karya seperti Cours de Philosophie Possitive, Das Sistem der Possitive Polity, Die Wissenschaftlichen Labors Notwendig für die Anerkennung der Gesellschaft, dan Subjektive Synthese. 8 Auguste Comte amp Hukum Tiga Tahap Di antara karya-karyanya Auguste Comte, Cours de Philosphie Possitive dapat dikatakan sebagai meisterwerk - nya, karena karya itulah yang paling pokok dan sistematis. Buku ini dapat juga dikatakan sebagai repräsentieren bentangan aktualisasi dari yang di dalamnya Comte menulis tentang tiga tahapan perkembangan manusia. Menurut Comte, perkembangan manusia berlangsung dalam tiga tahap. Pertama, tahap teologis, kedua, tahap metafisik, ketiga, tahap positif. 1. Tahap Teologis Pada tahap teologis ini, manusia perkaja bahwa dibelakang gejala-gejala alam terdapat kuasa-kuasa adikodrati yang mengatur fungsi dan gerak gejala-gejala tersebut. Kuasa-kuasa ini dianggap sebagai makhluk yang memiliki rasio als kehendak seperti manusia. Tetapi orang perkaja bahwa mereka berada pada tingkatan lebih tinggi dari pada makhluk-makhluk selain insani. Pada taraf pemikiran ini terdapat lagi tiga tahap. Pertama, tahap yang paling bersahaja atau primitif, dimana orang menganggap bahwa segala benda berjiwa (animisme). Kedua, tahap Ketika orang menurunkan Kelompok hal-hal tertentu, dimana seluruhnya diturunkan Dari Suatu kekuatan adikodrati Yang melatarbelakanginya sedemikian rupa hingga TIAP tahapan gejala-gejala memiliki dewa sendiri-sendiri (polythéisme). 9 Gejala-gejala 8220suci8221 Nicht zutreffend 8220dewa-dewa8221, dan 8220dewa-dewa8221 ini dapat diatur dalam suatu sistem, sehingga menjadi politeisme dengan spesialisasi. Ada dewa api, dewa lautan, dewa angin, dan seterusnya. 10 Ketiga. Adalah tahapan tertinggi, dimana pada tahap ini orang mengganti dewa yang bermacam-macam itu dengan satu tokoh tertinggi (esa), yaitu dalam monotheisme. 11 Singkatnya, pada tahap ini manusia mengarahkan pandangannya kepada hakekat yang batiniah (sebab pertama). Di Sini, Manusia Percaya Kepada Kemungkinan adanya Sesuatu Yang Mutlak. Artinya, di balik setiap kejadischen tersirat adanya maksud tertentu. 12 2. Tahap Metafisik Tahap ini bisa juga sebastian tahap transisi dari pemikiran Comte. Tahapan ini sebenarnya hanya merupakan varian Dari cara berpikir teologis, karena di dalam tahap ini dewa-dewa hanya diganti dengan kekuatan-kekuatan abstrak, dengan pengertian atau dengan benda-benda lahiriah, yang kemudian dipersatukan dalam sesuatu Yang bersifat Umum, yang disebut dengan alam. Terjemahan metafisis dari monoteisme itu misalnya terdapat dalam pendapat bahwa sema kekuatan kosmis dapat disimpulkan dalam konsep 8220alam8221, sebagai asal mula semua gejala. 13 Pada tahap positif, orang tahu bahwa tiada gunanya lagi untuk berusaha mencapai pengenalan atau pengetahuan yang mutlak, baik pengenalan teologis maupun metafisik. Ia tidak lagi mau mencari asal und tujuan terakhir seluruh alam semesta ini, atau melacak hakekat yang sejati dari 8220segala sesuatu8221 yang berada di belakang segala sesuatu. Sekarang orang berusaha menemukan hukum-hukum kesamaan als urutan yang terdapat pada fakta-fakta yang disajikan kepadanya, yaitu dengan 8220pengamatan8221 dan dengan 8220memakai akalnya8221. Pada tahap ini pengertian 8220menerangkan8221 berarti fakta-fakta yang khusus dihubungkan dengan suatu fakta umum. Dengan demikian, tujuan tertinggi dari tahap positiv ini adalah menyusun als dan mengatur segala gejala di bawah satu fakta yang umum. 14 Bagi comte, ketiga tahapan tersebut tidak hanya berlaku bagi perkembangan rohani seluruh umat manusien, tetapi juga berlaku bagi von bidang ilmu pengetahuan. Dalam hal ini, comte menerangkan bahwa segala ilmu pengetahuan semula dikuasai oleh pengertian-pengertian teologis, sesudah itu dikacaukan dengan pemikiran metafisis dan akhirnya dipengaruhi hukum positif. Jelasnya, ketiga tahapan perkembangan umat manusia esu tidak saja berlaku bagi suatu bangsa atau suku tertentu, akan tetapi juga einzeln dan ilmu pengetahuan. Meskipun seluruh ilmu pengetahuan tersebut dalam perkembangannya melalui ketiga macam tahapan tersebut, namun bukan berarti dalam waktu yang bersamaan. Halb demikian dikarenakan segalanya tergantung pada kompleksitas susunan suatu bidang ilmu pengetahuan. Semakin kompleks, susunan, suatu, bidang, ilmu, pengetahuan, tertentu, maka, semakin, lambat, mencapai, tahap, ketiga. Lebih jauh Comte berpendapat bahwa pengetahuan Positiv Merupakan Puncak Pengetahuan Manusia Yang Unheilig Sebastien Pengetahuan ilmiah. Di sini, ilmu pengetahuan, dapat, dikatakan, bersifat, positif, apabila, ilmu, pengetahuan, tersebut, memusatkan, perhatian, pada, gejala, gejala, yang, nyata, dan, kongrit, Dengan demikian, maka ada kemungkinan untuk memberikan Bewertungen die terhadap berbagai Cabang ilmu pengetahuan dengan Jalan mengukur isinya Yang positif, serta sampai sejauh Mana ilmu pengetahuan tersebut dapat mengungkapkan kebenaran Yang positif. 15 Sesuai dengan pandangan tersebut kebenaran metafisik yang diperoleh dalam metafisika ditolak, karena kebenarannya sulit dibuktikan dalam kenyataan. Demikianlah pandangan Auguste Comte tentang hukum tiga tahapnya, yang Pada intinya menyatakan bahwa pemikiran TIAP Manusia, TIAP ilmu dan suku bangsa melalui 3 tahap, yaitu teologis, metafisis dan positif ilmiah. Dalam hal ini Auguste Comte Mitglied Mitglied anal manusia muda atau suku-suku primitif pada tahap teologis sehegga dibutuhkan figur dewa-dewa untuk 8220menerangkan8221 kenyataan. Meningkat Dämon Dipakai Prinsip-Prinsip abstrakt Dämon Metafisis. Pada tahap dewasa dan matang digunakan metoden-metode positiv dan ilmiah. 16 Positivismus Auguste Comte Filsafat positivisme merupakan salah satu aliran filsafat modernen yang lahir pada abad ke-19 kaufen. Dasar-dasar filsafat ini dibangun oleh Der Heilige Simon dan dikembangkan von Auguste Comte. Adapun yang menjadi tititk tolak dari pemikiran positivis ini adalah, apa yang telah diketahui adalah yang faktual daneben positif, sehingga metafisika ditolaknya. Di sini, yang dimaksud dengan 8220positif8221 adalah segala gejala yang tampak seporte apa adanya, sebatas pengalaman-pengalaman obyektif. Jadi, setelah fakta diperoleh, fakta-fakta tersebut diatur sedemikian rupa agar dapat Mitgliedsname semacam asumsi (proyeksi) ke masa depan. 17 Sebenarnya, tokoh-tokoh aliran ini sangat banyak. Namun begitu, Auguste Comte dapat dikatakan merupakan von tokoh terpenting dari von aliran filsafat Positivisme. Menurut Comte, dan juga para penganut aliran positivisme, ilmu pengetahuan tidak boleh melebihi fakta-fakta karena positivisme menolak metafisisme. Bagi Comte, menanyakan hakekat benda-benda atau buchstaben, buchstaben, buchstaben, buchstaben, buchstaben, buchstaben, buchstaben, Oleh karenanya, ilmu pengetahuan, juga, filsafat, hanya, menyelidiki, fakta-fakta, hubungan, Yang, terdapat, Antara Fakta-fakta. Dengan demikian, kaum positivis membatasi dunia pada hal-hal yang bisa dilihat, diukur, dianalisa und yang dapat dibuktikan kebenarannya. 18 Dengan modell pemikiran seperti ini, kemudian Auguste comte mencoba mengembangkan Positivismus ke dalam agama atau sebagai pengganti agama. 19 Hal ini terbukti dengan didirikannya Positive Gesellschaften di berbagai tempat yang memuja kemanusiaan sebagai ganti memuja Tuhan. Perkembangan selanjutnya dari aliran ini melahirkan aliran yang bertumpu kepada isi dan fakta-fakta yang bersifat materi, yang dikenal dengan Materialisme. 20 Selanjutnya, Karena Agama (Tuhan) tidak bisa Dilihat, Diukur und Dianalisa serta dibuktikan, Maka Agama tidak mempunyai Arti und Faedah. Comte berpendapat bahwa suatu pernyataan dianggap benar apabila pernyataan esu sesuai dengan fakta. Sebaliknya, sebuah pernyataan akan dianggap salah apabila tidak sesuai dengan Daten empiris. Wie geht das? Modell pemikiran ini dalam epistemologi Erbkrankheit dengan teori Korespondensi. Keberadaan (Existenz) sebagai masalah sentral bagi perolehan pengetahuan, mendapat bentuk khusus bagi Positivisme Comte, yakni sebaiai suatu yang jelas dan pasti sesuai dengan makna yang terkandung von dalam kata positif. Kata nyata (riil) dalam kaitannya dengan positiv bagi suatu objek pengetahuan, menunjuk kepada hal yang dapat dijangkau atau tidak dapat dijangkau oleh akal. Adapun Yang Dapat Dijangkau Oleh Akal Dapat Dijadank Sebagai Objek ilmiah, Sedangkan Sebaliknya Yang Tidak Dapat Dijangkau Oleh Akal, Maka tidak dapat Dijadank sebagai objek ilmiah. Kebenaran bagi Positivisme Comte selalu bersifat riil dan pragmatisch artinya nyata dan dikaitkan dengan kemanfaatan, dan nantinya berujung kepada penataan atau penertiban. 21 Oleh karenanya, selanjutnya Comte beranggapan bahwa pengetahuan yang demikian itu tidak bersummer dari otoritas misalnya bersummer dari kitab suci, atau penalaran metafisik (sumber tidak langsung), melainkan bersummer dari pengetahuan langsung terhadap suatu objek secara indrawi. Dari Modell Pemikiran tersebut, akhirnya Comte menganggap bahwa garis demarkasi antara sesuatu yang ilmiah dan tidak ilmiah (Pseudowissenschaft) adalah verifizierbar. Dimana Comte untuk mengklarifikasi suatu pernyataan esu bermakna atau tidak (bedeutungsvoll dan ohne Bedeutung), ia melakukan verifikasi terhadap suatu gejala dengan gejala-gejala yang lain untuk sampai kepada kebenaran yang dimaksud. 22 Dan sebagai konsekwensinya, Comte menggunakan metode ilmiah Induktif-Verivikatif. Yakni sebuah metode menarik kesimpulan dari sesuatu yang bersifat khusus ke umum, kemudian melakukan verifikasi. Selanjutnya Comte juga menggunakan pola operasional metodologis dalam bentuk beobachtungen, eksperimentasi, komparasi, dan generalisasi-induktif Singkatnya, filsafat Comte merupakan filsafat yang anti-metafisis, dimana dia hanya menerima fakta-fakta yang ditemukan secara positiv-ilmiah, dan menjauhkan diri dari semua pertanyaan Yang mengatasi bidang ilmu-ilmu positif. Semboyan Comte yang terkenal adalah savoir pour prevoir (artmajuku), artinya manusia harus menyelidiki gejala-gejala als hubungan-hubungan antara gejala-gejala, agar supaya dia dapat meramalkan apa yang akan terjadi. 23 Filsafat positivisme Comte juga disebut sebagai faham empirisme-kritis, bahwa pengamatan dengan teori berjalan abzurechnen. Bagi Comte Pengamatan tidak mungkin dilakukan tanpa melakukan penafsiran atas dasar sebuah teori dan pengamatan juga tidak mungkin dilakukan secara 8220terisolasi8221, dalam arti harus dikaitkan dengan suatu teori. 24 Dengan demikian positivisme menolak keberadaan segala kekuatan atau subjek verdünnung fakta, menolak segala penggunaan metoda di luar yang digunakan untuk menelaah fakta. Atas kesuksesan teknologi industri abad XVIII, positivisme mengembangkan pemikiran tentang ilmu pengetahuan allgemeines bagi kehidupan manusia, sehingga berkembang etika, politik, dan lain-lain sebagai disiplin ilmu, yang tentu saja positivistik. Positive Bewertungen mengakui eksistensi dan menolak esensi. Ia menolak setiap definisi yang tidak bisa digapai oleh pengetahuan manusia. Bahkan ia juga menolak nilai (Wert). 25 Apabila dikaitkan dengan ilmu sosial budaya, positivisme Auguste Comte berpendapat bahwa (a) gejala sosial budua merupakan bagian dari gejala alami, (b) ilmu sosial budaya juga harus dapat merumuskan hukum-hukum atau generalisasi-generalisasi yang mirip dalil hukum alam, ) Berbagai prosedur serta metode penelitian dan analisis yang ada dan telah berkembang dalam ilmu-ilmu alam dapat dan perlu diterapkan dalam ilmu-ilmu sosial budaya. Sebakai akibat dari pandangan tersebut, maka ilmu sosial budaya menjadi bersifat prädiktiven als erklärenden sebagaimana halnya dengan ilmu alam dan ilmu pasti. Generalisasi-generalisasi tersebut merangkum keseluruhan fakta yang ada namun sering kali menegasikan adanya 8220contra-mainstream8221. Manusien, masyarakat, dan kebudayaan dijelaskan secara matematis dan fisis. 26 Demikianlah beberapa pemikiran Auguste Comte tentang tiga tahapan perkembangan manusia dans juga bagaimana positivisme Auguste comte memandang sumber ilmu pengetahuan. Positivismus Auguste Comte mengemukakan tiga tahap perkembangan peradaban als pemikiran manusia ke dalam tahap teologis, metafisik, dan positivisierung. Pada Tahap Teologis Pemikiran Manusia Dikuasai Oleh Dogma Agama, Pada Tahap Metafisik Pemikiran Manusia Dikuasai Oleh Filsafat, Sedangkan Pada Tahap Positivistik Manusien Sudah Dikuasai Oleh ilmu Pengetahuan Dan teknologi. Pada tahap ketiga itulah aspek humaniora dikerdilkan ke dalam pemahaman positivistik yang bercorak eksak, terukur, dan berguna. Ilmu-ilmu humaniora baru dapat dikatakan sejajar dengan ilmu-ilmu eksak manakala menerapkan metode positivistisch. Di sini mulai terjadi metodolatri. Pendewaan terhadap aspek metodologis. Selain itu, Modell filsafat positivisme-nya Auguste Comte tampak begitu mengagungkan akal als panca indera manusia sebagai tolok ukur 8220kebenaran8221 kaufen. Sebenarnya 8220kebenaran8221 sebagai masalah pokok pengetahuan manusia adalah bukan sepebuhnya milik manusia. Akan tetapi hanya merupakan kewajiban manusia untuk berusaha menghampiri dan mendekatinya dengan 8220cara tertentu8221. Kata cara tertentu ich r ujuk pada pemikiran Karl Popper männlich 8220kebenaran8221 dan sumber diperolehnya. Bagi Popper, Ini Merupakan Tangkapan Manusia Terhadap Objek Melalui Rasio (akal) dan pengalamannya, namun selalu bersifat tentatif. Artinya kebenaran selalu bersifat sementara yakni harus dihadapkan kepad suatu pengujian yang ketat dan gawat (entscheidend-test) dengan cara pengujian 8220trial und error8221 (proses penyisihan terhadap kesalahan atau kekeliruan) sehingga 8220kebenaran8221 se1alu dibuktikan melalui jalur konjektur dan refutasi dengan tetap konsisten berdiri di atas landasan Pemikiran Rasionalisme-kritis als Empirisme-kritis. Atau dengan meminjam dialektika-nya Hegel, sebuah 8220kebenaran8221 akan selral mengalami proses tesis, sintesis, dan anti tesis, dan begitu seterusnya. Pandangan mengenai 8220kebenaran8221 yang demikian esu bukan berarti mengisyaratkan bahwa Penulis tergolong penganut Relativisme, karena menurut hämat Penelis, Relativisme sama sekali tidak mengakuide 8220kebenaran8221 seufziger talentiert manusa. Penulis berkeyakinan bahwa manusia mampu menangkap als menyimpan 8220kebenaran8221 sebagaimana yang diinginkannya serta menggunakannya, namensbezirke, babys, babys, hunde, hunde, hunde, hunde, haustiere, haustiere, Auguste Comte,.......................... Hal demikian karena suatu teori, hukum ilmiah atau hipotesis tidak dapat diteguhkan (diverifikasikan) secara positif, melainkanisch dapat disangkal (difalsifikasikan) Jelasnya, untuk menentukan 8220kebenaran8221 itu bukan perlakuan verifizasi melainkan melalui proses falsifikasi dimana Daten-Daten Yang telah diobservasi, dieksperimentasi, dikomparasi dan Di generisasi-induktif berhenti sampai di situ karena telah dianggap benar dan baku (positiv), melainkan harus dihadapkan dengan pengujian baru. Maksum, Ali et al. Paradigma Pendidikan Universale di Era Moderne und postmoderne Mencari 8220Visi Baru8221 atas 8220Realitas Baru8221 Pendidikan Kita, Yogyakarta: IRCiSoD, 2004 Wibisono, Koento, Arti Perkembangan menurut Positivisme Comte. Yogyakarta: Gadjah Mada Universität Presse, Cet. II, 1996 Azis, Ichwan Supandi. Karl Raimund Popper von Auguste Comte Suatu Tinjauan Tematik Problem Epistemologi dan Metodologi. Yogyakarta: Jurnal Filsafat, Jilid 35, Nomor 3, Desweiter 2003, Soekanto, Soejono, Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2000 Deltgauw, Bernard, Sejarah Ringkas Filsafat Barat, terj. Soejono Soemargono, Yogyakarta: Tiara Wacana, 1992 Bertens, K. Filsafat Barat Dalam Abad XX. Jakarta: Gramedia, 1983, Hammersma, Tokoh-tokoh Filsafat Barat Modern, Jakarta: Gramedia, 1983 Akhmadi, Asmoro, Filsafat Umum, Jakarta: RajaGrafindo Persada, Cet. IV, 2001 Biyanto, 8220Hubungan Agama dan Filsafat von Barat Sebuah Survei Sejarah Lintas Periode8221 dalam geocitiesHotSprings6774j-18.html Lihat 8220Fenomenologi, Hermeneutika dan Positivisme8221 dalam veggy. wetpaint. CompageFenomenologi, HermeneutikadanPositivisme 1 Ali Maksum, et. al. Paradigma Pendidikan Universal di Era Modern und postmodernen Mencari 8220Visi Baru8221 atas 8220Realitas Baru8221 Pendidikan Kita, Yogyakarta: IRCiSoD, 2004, hlm. 77 2 Bewertungen Koento Wibisono, Arti Perkembangan menurut Positivisme Comte. Yogyakarta: Gadjah Mada Universität Presse, Cet. II, 1996, hlm 5 3 Ichwan Supandi Azis. Karl Raimund Popper von Auguste Comte Suatu Tinjauan Tematik Problem Epistemologi dan Metodologi. Yogyakarta: Jurnal Filsafat, Dezember 2003, Jilid 35, Nomor 3, hlm. 254 4 Henry de8217Saint Simon adalah seorang bangsawan sekaligus salah seorang filosof von termasyhur di Perancis waktu itu von Auguste Comte pernah menjadi sekretaisnya. 5 Soejono Soekanto, Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2000, hlm. 443 6 Ichwan Supandi Azis, Loc. Cit. 18 Ali Maksum, et al. Op. Cit. Hlm 82 19 Sebagai Katatan, Pada Akhir Hidupnya, Auguste Comte bahkan Berupaya Membranen Agama Baru tanpa Teologi atas dasar Filsafat positifnya. 8220Agama8221 tanpa teologi ini mengagungkan akal dan mendambakan kemanusiaan dengan sumboyan 8220cinta sebagai prinsip, teratur sebagai basis, dan kemajuan sebagai tujuan.8221 Dan sebagai istilah ciptaannya yang terkenal adalah Altruismus. Yaitu menganggap bahwa soal utama bagi manusia ialah usaha untuk hidup bagi kepentingan orang liegen. Lihat Asmoro Akhmadi, Loc. Cit. 20 Lihat Biyanto, 8220Hubungan Agama dan Filsafat von Barat Sebuah Survei Sejarah Lintas Periode8221 dalam geocitiesHotSprings6774j-18.html 21 Koento Wibisono, Op. Cit., Hlm. 38 22 K. Bertens. Filsafat Barat Dalam Abad - Nicht ausgefüllt - Jilid I, Jakarta: Gramedia 1981, hlm. 171 23 Hammersma, Tokoh-tokoh Filsafat Barat Modern, Jakarta: Gramedia, 1983, hlm. 3 et. seq. 24 Kunto Wibisono, Op. Cit. Hlm 48 25 Lihat 8220Fenomenologi, Hermeneutika dan Positivisme8221 dalam veggy. wetpaintpageby SurFXGzali 187 Mo Okt 05, 2009 11:34 am HALAL HARAM FOREX Sebagai Rujukan. Konsep hebaj yang disediakan oleh Vermittler forex sebenarnya wujud dalam Islam. Islam tidak pernah mengharamkan sesuatu perkhidmatan yang tiada unsur penindasan (gharar) meskipun ianya disediakan oleh orang bukan Islam. Leveraj forex merupakan jaminan (pertolongan) sementara yang diberikan oleh broker forex. Ianya boleh dikatakan juga kontrak sementara antara Händler forex dan Makler selagi Händler tersebut masih mempunyai ekuiti dalam akaun mereka. Trader hanya boleh memegang kontrak berdasarkan ekuiti mereka sahaja dan mengikut yang mereka persetujui dengan broker mereka. Bagi akaun Islamik, broker forex tidak mengenakan atau memberikan apa-apa faedah atas jaminan mereka. Dengan jaminan mereka kita dapat memasuki pasaran matawang mengikut kemampuan kita. Broker forex adalah orang Tengah Antara Bank-Bank antarabangsa (institusi) dan pädagang kecil (Einzelhändler).Mereka membeli (qoute) dari institusi dan menjual balik (reqoute) kepada pedagang kecil. Biasanya jualan balik adalah munasabah antara 3-10 mata sahaja. Di Sini lah mereka membuat keuntungan. Pros ini adalah dibenarkan der Islam. Ianya bukan riba. (Ada yang terkeliru menyatakan jual beli adalah juga sama riba). Pandangan-Professor Kewangan-Islam Saudarai, Kalau kita mengkaji banyak pandangan dari pakar-pakar kewangan islam yang terlibat langsung denkal kewangan islam dan pernah membentang kertas kerja di forum kewangan islam. Majoriti bersetuju menyatakan Hebelwirkung adalah harus (zulässig). Seperti kata Professor Humayon Dar, Geschäftsführer von Dar Al Istithmar in London (untersucht die Scharia-Aspekte der aufstrebenden islamischen Hedgefonds). . Scharia hat keine Probleme mit Hebelwirkung, solange sie durch islamische Schulden erreicht wird. Leverage ist kein Scharia-Anliegen, sondern eine ökonomische Frage. Rujuk: islamicfinanceandbanking. blog. Mic-hedge. html Kala mengambil kata-kata beliau, saya mengambil contoh Hebelwirkung dalam akaun islamik FXOpen Hebelwirkung yang dikenakan tidak dikenakan sebarang Interesse (zinsfrei). Juga kalau kita über Nacht Wortspiel tidak ada apa-apa Interesse (berbanding herkömmlichen Dikenakan Interesse kalau über Nacht). Saya rasa perlunya kita merujuk banyak pihak yg mahir und terlibat sekara langsung dalam kewangan islam. Bukan sekadar merujuk graduan junggeselle yg baru balik dari universiti di Jordanien dan kerja 2-3 tahun di institusi kewangan islam dan tukar jadi pensyarah di uiam. Kemudian buat hukum tanpa perbincangan. Hadith dhaif sebagai hujah pengharaman. Saya ingin berkongsi pengetahuan tentang satu lagi hadith yang teratus sanad (dhaif) yg dijadikan hujah pengharaman, iaitu: Janganlah kamu menjual sesuatu yang tidak di dalam milikmu. (Riwayat Abu Daud, Nr. 3504 3283) Rujuk Konsep Leveraj Haram Metro Ahad 3 Februar 2008. Adalah Terjemahan Langsung Satu Hadith Yang masyhur la tabi ma laysa indak Beberapa isu telah dibangkit berkenaan Hadith ini. Salah satunya tentang percanggahan rantaian sanadnya. Al Bukhari dan Muslim Tidak pernah merekodkan dalam koleksi mereka walaupun yang lain antaranya Ab Dawd und al Tirmidhi, ada merekodkannya. Percanggahannya adalah seperi berikut: 1. Ab Dawd, Ahmad ibn Hanbal und Ibn Hibban menyatakan Ianya diriwayatkan oleh Jafar ibn Abi Wahshiyah, dari Ysuf ibn Mahak, dari Hakim ibn Hizam, manakala yang keempatnya, ianya Abd Allah ibn Ismah, manakala koleksi yang lain Menyatakan antara Ysuf und Hakim. Dalam al Mizan, al Dhahabi menyatakan nama pertengahan langsung tidak diketahui (la yuaraf). 2. Berkenaan periwayat utama Hadith ini, Hakim ibn Hizam, dikatakan 8220obscure8221 (majhul al hal). Hanya Ibn Hibban memasukkan beliau antara periwayat yang boleh dipercayai (zuverlässig al thiqqat). Sementara al Nasa82178217i telah merakamkan cuma satu Hadith Yang diriwayatkan oleh beliau, Yang lain menyatakan beliau adalah 8220obscure8221 kaufen. Rujukan: Commodity Futures: Eine islamische rechtliche Analyse Mohammad Hashim Kamali en. wikipedia. orgwikiMohammadHashimKamali --------------------------------- ----------------------- (Perkataan: Majhul al-Hal (dinamakan juga al-Mastur) Definition: Perawi yang diriwayatkan daripadanya oleh dua orang atau lebih tetapi tidak Hakum periwayatannya: tidak diterima mengikut pendapat yang sahih di sisi majoris ulama Adakah hadisnya esu mempunyai nama khusus Hadisnya esu tidak mempunyai nama khusus tetapi diletakkan von bawah hadis dhaif Rujukan: darulkautsarpenghadi bahasanKedua: --------- -------------------------------------------------- ---- (Nota: Saya tidak pernah memandang rendah pada hadith dhaif Cuma menyatakan bahawa hadith dhaif tidak boleh dijadikan hukum dalam soal halal dan haram Die Auswirkungen der Verwendung von schwachen Hadeeth: islamwebver2archive. ngEampid139248 Wallahu alam Berkait. Ibarat kuku dengan isi. Kalau ikut pemahaman saya, margin trading saham gunapakai pinjaman ada riba sahaja HARAM. Kalau tiada riba, jadi HALAL. Secara amnya Margin Handel (Hebelwirkung) HALAL tanpa ada riba. Sebenarnya dalam akaun islamischer forex, margin tradingnya LANGSUNG tidak kena guna riba. Malah broker forex telah dulu merealisasikan prinsip-prinsip Qard Al Hassan (schönes Darlehen) berbanding Bank yang berjenama perbankan Islam tidak kira di Malaysia atau luar negara. Kalau ada pun, i. Ag ag... As as as as as as as as Rujuk: dib. aeencommunityservicequrad. htm Insya Allah. Saya akan huraikan Zentang Qard Al Hassan pada kesempatan lain. Berkenaan risiko pula, undai pasaran tidak menyebelahi kita, kita masih ada stoppen sie verlust sebagai penyelamat. Andai kita tidak menggunakan Stop Loss Wortspiel, Broker forex mengamalkan Fakta 3: Keine Debit-Salden Ihr Risiko ist nur auf Gelder auf die Einzahlung begrenzt. Da es keine Margin-Aufforderungen im Devisenhandel gibt, schließt der Broker für Ihren Schutz automatisch alle offenen Positionen ab, wenn Ihr Konto-Eigenkapital unter das erforderliche Margin-Niveau sinkt. Denken Sie dies als eine endgültige, automatische stoppen. In der Tat, youll nie verlieren mehr Geld, als Sie in Ihrem Konto haben Janganlah susah-susahkan hati pasal forex ini halal ke haram. ianya harus. Yg uzar komenkan adalah pasal Hebelwirkung. Hebelwirkung dlm forex menepati hukum syarak. Xde riba. Kena yakinkan diri yg ianya menepati hukum syarak. Tanpa keyakinan boleh jatuh syubhah pula. Yg penting pakai islamisches konto austausch kostenloses konto. Kan byk Vermittler yg tawarkan islamischen Konto. War-war itu adalah bisikan syaitan. Sedangkan hukum dagang forex dan penggunaan hebelaj adalah harus halal. Yakinkan diri baru hati jadi tenang. Kerja jadi senang. Apa-apa Wortspiel saya tiada kuasa menjatuhkan hukum HALAL HARAM. Saya Cuma tolong menerangkan Apa Yang Saya Fahami Selama Ini Megenai Perkara tersebut. Yang ada kuasa ialah MAJLIS FATWA KEBANGSAAN. Jikalau MAJLIS FATWA KEBANGSAAN mengeluarkan FATWA von Malaysia ini menerangkan yang Handel FOREX ini HARAM. Maka berhentilah. Sehingga sekarang tiada apa2 FATWA dikeluarkan von MFK mengenai FOREX. Di dalam Islam La ibrata bil musammayaat walakinna ibrata bil maaani (Pengajaran (hukum) bukan diambil dari segi istilah sesuatu perkara bahkan pengajaran (hukum) diambil dari cara perlaksanaannya). In ISLAM zu überprüfen, die Dinge, die HALAL oder HARAM ist nicht aus der direkten Bedeutung der Terminologie, sondern aus, wie es gemacht. Jawapan Dari Yang Lain Merujuk Kepada Perkara Yang Sama von SurFXGzali 187 Mo Okt 05, 2009 11:43 am Daripada Penasihat SyarieSharie Berater KODANA Berhad. Waalaikumussalam w. b.t .. Terima kasih diucapkan kepada Saudara Seeraj atas pertanyaan yang diajukan dan sokongan kepada ruangan forum ini. Memang semalam ada persoalan tentang Hebelwirkung. Oleh kerana soalan tersebut telah menyebut nama seseorang, pihak pengurusan telah membuang soalan tersebut supaya perbincangan kita lebih telus dan tidak menyentuh mana-mana pihak. Akhlak dan kesatuan adalah penting dalam islam islam islam islam islam islam islam islam islam islam islam islam islam islam islam islam islam islam islam islam islam islam islam islam islam islam islam islam islam islam islam islam islam islam islam islam islam islam islam islam islam islam islam islam islam islam islam islam islam islam islam islam islam islam islam islam islam islam is Diruangan yang terhad ini saya tidak bercadang untuk menterjemahkan definisi LEVERAGE mengikut istilah perniagaan yang memeningkan kepala kerana ianya berbeza mengikut penggunaan von dalam sesuatu urusniaga. Hebelwirkung yang berlaku dalam perdagangan FOREX adalah, wie man mehr mit weniger sebagaimana berikut zu verdienen: - Sebagai contoh. Kita mengambil urusniaga matawang asing Yang melibatkan matawang GBPUSD. Seahualhua kugelmassage 1kg 1 Stück GBPUSD, sepatutnya pihak Plattform akan memotong USD100 dari akaun kita sebagai modales pusingan. Tetapi sekiranya Hebelwirkung, Plattform hanya akan memotong USD50 untuk modal pusingan 1 Los tersebut. Ini merupakan kemudahan dan diskaun yang diberikan oleh pihak plattform untuk meringankan modal pusingan kepada pädagang yang mempunyai akaun mini sahaja. Inilah yang dikatakan Hebelwirkung als Keistimewaan ini hanya diberikan kepada pedagang yang mempunyai akaun mini sahaja. Akaun mini ialah jumlah akaun yang kurang dari USD50,000. Tetapi sekiranya akaun tersebut melebihi USD50,000 ke atas, keistimewaan ini tidak diberikan kepada pedagang (Händler). Yang paling penting didalam perdagangan forex ini ialah setiap urusniaga yang dibenarkan serta kerugian maksimum yang akan ditanggung oleh pädagang tidak akan melebihi dari jumlah modalen pusingan yang terdapat di dalam akaun mereka. Sebagai contoh, sekiranya undeinem membuka akaun Yang bernilai USD1,000 undeinem tidak Akan menanggung sebarang kerugian melebihi modal tersebut iaitu USD1,000 Walau apapun Hebel Yang undeinem perolehi Dari pihak Plattform dan kerugian undeinem sama sekali tidak Akan berganda Dari keseluruhan modal Yang undeinem laburkan. Dengan ini hebel tidak menjadi halangan mengikut hukum syara dalam perlaksanaannya kerana ianya merupakan diskaun atau keistimewaan yang diberikan kepada pedagang. Ini hanyalah kemudahan yang diberikan oleh pihak plattform dengan harga yan lebih rendah kepada pedagang yang mempunyai modales yang kecil (mini akaun) iaitu akaun yang yang modalnya kurang dari USD50,000. Saya berharap penerangan saya yang ringkas ini dapat merungkaikan segala kekeliruan dan pemahaman yang silap tentang hebelwirkung yang timbul dewasa ini dan juga menjawab kepada persoalan hukum tentang leverage itu sendiri. Di dalam Islam La ibrata bil musammayaat walakinna ibrata bil maaani (Pengajaran (hukum) bukan diambil dari segi istilah sesuatu perkara bahkan pengajaran (hukum) diambil dari cara perlaksanaannya). Sekian. Wassalam. Haji Habin Faisal bin Haji (nicht im Abspann) Mohamed Penasihat ... SyarieSharie .... Berater KODANA Berhad. Investasi FOREX Handel merupakan investasi Yang sangat menjanjikan Dimana kita bisa memperoleh Gewinn Yang cukup lumayan dalam waktu yang relatif singkat. Apalagi dengan kehadiran Vermittler forex online yaitu Marketiva yang memberikan jasa forex signal di internet, semakin memudahkan setiap orang untuk mendulang profit di bisnis ini bahkan tanpa harus melewati upaja belajar yang terlan lama dan tanpa harus memahami analisa teknikalmaupun grundlegende yang memusingkan kepala. Penghasilan para trader-trader forex profesional sangat als jauh meninggalkan para pelaku-pelaku bisnis lainnya seperti para pelakus bisnis MLM dan perdagangan konvensional. Tapi kemudian banyak Yang mempertanyakan kehalalan Dari hasil Yang diperoleh Bisnis Devisenhandel ini dikarenakan sifatnya Yang Abstrak dan tidak Kasat mata. Sebastian Islamischer Islam. Bagaimana menurut padangan para pakar Islam Jangan engkau menschenblich sesuatu yang tidak ada padamu, 8221 sabda Nabi Muhammad SAW, dalam sebuah hasits riwayat Abu Hurairah. Oleh sementara fuqaha (ahli fiqih Islam), hatte tersebut ditafsirkan secara saklek. Pokoknya, setiap praktik jual Beli Yang tidak Ada Barangnya Pada Waktu akad, Haram. Penafsiran secara demikian esu, tak pelak lagi, muatu fiqih Islam sulit untuk memenuhi tuntutan jaman yang terus berkembang dengan perubahan-perubahannya. Karena itu, sejumlah ulama klasik yang terkenal dengan pemikiran cemerlangnya, menentang cara penafsiran yang terkesan sempit tersebut. Misalnya, Ibn al-Qayyim. Ul Ul............................................ Baik dalam Al Qur8217an, sunnah maupun fatwa para sahabat, larangan itu tidak ada. Dalam Sunnah Nabi, Hanya Terdapat Larangan Menjual Barang Yang Belum Ada, Sebagaimana Larangan Beberapa Barang Yang Sudah Ada Pada Waktu akad. 8220Causa Gesetz ata ilat larangan tersebut bukan ada atau tidak adanya barang, melainkan garar, 8221 ujar Dr. Syamsul Anwar. MA dari IAIN SUKA Persönliche Daten Yogyakarta menjelaskan pendapat Ibn al-Qayyim. Garar adalah ketidakpastian tentang apakah barang yang diperjual-belikan es ist dapat diserahkan atau tidak. Misalnya, seseorang menjual unta yang hilang. Atau menjual barang milik orang gelegen, padahal tidak diberi kewenangan oleh yang bersangkutan. Jadi, meskipun Pada Waktu akad barangnya tidak ada, namun ada kepastian diadakan Pada Waktu diperlukan sehingga bisa diserahkan kepada pembeli, maka jual beli tersebut SAH. Sebaliknya, kendati barangnya, sudah, ada, tapi, 8211, karena, satu, lain, hal, 8212, tidak, mungkin, diserahkan, kepada pembeli, maka, jual, beli, itu, tidak, sah. Perdagangan berjangka, jelas, bukan garar. Sebab, dalam kontrak berjangkanya, jenis komoditi yang dijual-belikan sudah ditentukan. Begitu juga dengan jumlah, mutu, tempat dan waktu penyerahannya. Semuanya berjalan di atas rel aturan resmi yang ketat, sebagai antisipasi terjadinya praktek penyimpangan berupa penipuan 8212 satu hal yang sebetulnya bis juga terjadi pada praktik jua-beli konvensional. Dalam perspektif hukum Islam, Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK) dapat dimasukkan ke dalam kategoris almasa8217il almu8217ashirah atau masalah-masalah hukum Der Islam kontemporer. Karena itu, den Status hukumnya dapat dikategorikan kepada masalah ijtihadiyyah. Klasifikasi ijtihadiyyah masuk ke dalam wilayah fi ma la nasha fisch, yakni masalah hukum yang tidak mempunyai referensi nash hukum yang pasti. Dalam kategoris masalah hukum al-Sahrastani, ia termasuk ke dalam paradigma al-nushush qad intahat wa al-waqa8217I la tatanahi. Artinya, nash hukum dalam bentuk Al-Quran als Sunnah sudah selesai tidak lagi ada tambahan. Dengan demikian, kasus-kasus hukum yang baru muncul mesti diberikan kepastian hukumnya melalui ijtihad. Dalam kasus hukum PBK, ijtihad dapat merujuk kepada teori perubahan hukum yang diperkenalkan von Ibn Qoyyim al-Jauziyyah. Ia menjelaskan, fatwa hukum dapat berubah karena beberapa variabel perubahnya, yakni: waktu, tempat, niat, tujuan dan manfaat. Teori perubahan hukum ini diturunkan dari paradigma ilmu hukum dari gurunya Ibn Taimiyyah, yang menyatakan bahwa a-haqiqah fi al-a8217yan la fi al-adzhan. Artinya, kebenaran hukum itu dijumpai dalam kenyataan empirik bukan dalam alam pemikiran atau alam idee. Paradigma ini diturunkan dari prinsip hukum Islam tentang keadilan yang dalam Al Quran digunakan istilah al-mizan, a-qisth, al-wasth, dan al-adl. Dalam penerapannya, secara khusus masalah PBK dapat dimasukkan ke dalam bidang kajianischer fiqh al-siyasah maliyyah, yakni politik hukum kebendaan. Dengan kata lain, PBK termasuk kajian hukum Islam dalam pengertian bagaimana hukum Islam diterapkan dalam masalah kepemilikan atas harta benda, melalui perdagangan berjangka komoditi dalam ära globalisasi dan perdagangan bebas. Realisasi Yang paling mungkin dalam rangka melilingi pelaku dan pihak-pihak yang terlibat dalam perdagangan berjangka komoditi dalam ruang dan waktu serta pertimbangan tujuan dan manfaatnya dewasa ini, sejalan dengan semangat dan bunyi UU Nr. 321977 Tentang PBK. Karena teori perubahan hukum seperti dijelaskan di atas, dapat menunjukkan elastisitas hukum Islam dalam kelembagaan dan praktek perekonomian, maka PBK dalam sistem hukum islam dapat dianalogikan dengan bay8217 al-salam8217ajl bi8217ajil. Bay8217 al-salam dapat diartikan sebagai berikut. Al-salam atau al-salaf adalah bay8217 ajl bi8217ajil, yakni memperjualbelikan sesuatu yang dengan ketentuan sifat-sifatnya yang terjamin kebenarannya. Di dalam transaksi demikian, penyerahan ra8217s al-mal dalam bentuk uang sebaiai nilai tukar didahulukan daripada penyerahan komoditi yang dimaksud dalam transaksi itu. Ul Ul Ul Ul Ul Ul Ul............................................................................ Keabsahan transaksi jual beli berjangka, ditentukan oleh terpenuhinya rukun dan syarat sebagai Berikut. Rukun sebagai unsur-unsur utama Yang Harus ada dalam Suatu peristiwa transaksi Unsur-unsur utama di dalam bay8217 al-salam adalah: Pihak-pihak pelaku transaksi (8216aqid) Yang disebut dengan istilah muslim atau muslim ilaih. Objek transaksi (ma8217qud alaih), yaitu barang-barang komoditi berjangka dan harga tukar (ra8217s al-mal al-salam als al-moslemischer fih). Kalimat transaksi (Sighat 8216aqad), yaitu ijab dan kabul. Yang Perlu diperhatikan Dari unsur-unsur tersebut, adalah bahwa IJAB dan qabul dinyatakan dalam bahasa dan Kalimat Yang jelas menunjukkan transaksi berjangka. Karena itu, Ulama Syafi8217iyah menekankan penggunaan istilah al-salam atau al-Salaf di dalam Kalimat-Kalimat transaksi itu, dengan Alasan bahwa 8216aqd al-salam adalah bay8217 al-ma8217dum dengan sifat dan cara berbeda Dari akad jual dan beli (kaufen). Persyaratan menyangkut OBJEK transaksi, adalah: bahwa OBJEK transaksi Harus memenuhi kejelasan mengenai: jenisnya (ein yakun fi jinsin ma8217lumin), sifatnya, ukuran (kadar), jangka penyerahan, harga Tukar, Tempat penyerahan. Persyaratan Yang Harus dipenuhi oleh harga Tukar (al-tsaman), adalah, Pertama, jenis kejelasan alat Tukar, yaitu Dirham, dinar, Rupiah atau dolar dsb atau barang-barang Yang dapat ditimbang, disukat, dsb. Kedua, kejelasan jenis alat tukar apakah rupiah, dolar Amerika, dolar Singapura, dst. Apakah timbangan yang disepakati dalam bentuk Kilogramm, Teich, dst. Kejelasan tentang kualitas objek transaksi, apakah kualitas istimewa, baik sedang atau buruk. Syarat-syarat di atas ditetapkan dengan maksud menghilangkan jahalah fi al-8217aqd atau alasan ketidaktahuan kondisi-kondisi barang pada saat transaksi. Sebab hal ini akan mengakibatkan terjadinya perselisihan von antara pelaku transaksi, Yang Akan merusak nilai transaksi. Kejelasan jumlah harga tukar. Penjelasan ist eine US-amerikanische Schauspielerin. Kalaupun dalam pelaksanaannya masih ada pihak-pihak Yang merasa dirugikan dengan peraturan perundang-Undangan Yang ada, maka dapatlah digunakan kaidah hukum atau rechtliche Maxime Yang berbunyi: ma la yudrak kulluh la yutrak kulluh. Apa yang tidak dapat dilaksanakan semuanya, maka tidak perlu ditinggalkan keseluruhannya. Dengan demikian, hukum dan pelaksanaan PBK sampai batas-batas tertentu boleh dinyatakan dapat diterima atau setidak-tidaknya sesuai dengan semangat dan jiwa norma hukum Islam, dengan menganalogikan kepada bay8217 al-salam. Dalam bukunya Prof. Drs. Masjfuk Zuhdi yang berjudul MASAIL FIQHIYAH Kapita Selecta Hukum Islam, diperoleh bahwa Forex (Perdaganganische Valas) diperbolehkan dalam hukum islam. Perdagangan valuta asing Timbul karena adanya perdagangan barang-barang kebutuhankomoditi antar negara yang bersifat internasional. Perdagangan (Ekspor-Impor) ini tentu memerlukan alat bayar yaitu uang Yang Masing-Masing negara mempunyai ketentuan sendiri dan berbeda satu sama Verschiedenes sesuai dengan penawaran dan permintaan diantara negara-negara tersebut sehingga Timbul PERBANDINGAN nilai MATA uang antar negara. Perbandingan nilai mata uang antar Negara terkumpul dalam Suatu BURSA atau PASAR Yang bersifat internasional dan terikat dalam Suatu kesepakatan bersama Yang Saling menguntungkan. Nilai mata uang Suatu negara dengan negara Verschiedenes ini berubah (berfluktuasi) setiap saat sesuai Volumen permintaan dan penawarannya. Adanya permintaan und penawaran inilah yang menimbulkan transaksi mata uang. Yang secara nyata hanyalah tukar-menukar mata uang yang berbeda nilai. HUKUM ISLAM dalam TRANSAKSI VALAS 1. Ada Ijab-Qobul: 8212gt Ada perjanjian untuk Mitglied seit menerima Penjual menyerahkan barang dan pembeli mayar tunai. Ijab-Qobulnya dilakukan dengan lisan, tulisan dan utusan. Pembeli dan penjual mempunyai wewenang Penuh melaksanakan dan melakukan tindakan-tindakan hukum (dewasa dan berpikiran sehat) 2. Memenuhi syarat Menjadi OBJEK transaksi jual-beli yaitu: Suci barangnya (bukan najis) Dapat dimanfaatkan Dapat diserahterimakan Jelas barang dan harganya Dijual (dibeli) oleh pemiliknya sendiri atau kuasanya atas izin pemiliknya Barang sudah berada ditangannya jika barangnya diperoleh dengan imbalan. Perlu ditambahkan pendapat Muhammad Isa, bahwa jual beli saham esu diperbolehkan dalam agama. 8220Jangan kamu membeli ikan dalam luft, karena sesungguhnya jual beli yang demikian itu mengandung penipuan8221. (Hadis Ahmad bin Hambal und Al Baihaqi dari Ibnu Mas8217ud) Jual beli barang yang tidak di tempat transaksi diperbolehkan dengan syarat harus diterangkan sifat-sifatnya atau ciri-cirinya. Kemudian jika barang sesuai dengan keterangan penjual, maka sahah jual belinya. Tetapi jika tidak sesuai maka pembeli mempunyai hak khiyar, artinya boleh meneruskan atau Membrane jual belinya. Hal ini sesuai dengan hadis Nabi riwayat Al Daraquthni Dari Abu Hurairah: 8220Barang Siapa Yang membeli sesuatu Yang ia tidak melihatnya, maka ia berhak khiyar jika ia Telah melihatnya8221. Jual beli hasil tanam Yang masih terpendam, seperti ketela, Kentang, bawang dan sebagainya juga diperbolehkan, asal diberi contohnya, karena Akan mengalami kesulitan atau kerugian jika Harus mengeluarkan semua hasil tanaman Yang terpendam untuk dijual. Hal ini sesuai dengan kaidah hukum Islam: Kesulitan itu menarik kemudahan. Demikian juga jual beli barang-barang yang telah terbungkustertutup, seperti makanan kalengan, lpg, dan sebagainya, asalkam diberi label yang menerangkan isinya. Vide Sabiq, op. Cit. Hal 135. Mengenai teks kaidah hukum Islam tersebut di atas, vide Al Suyuthi, Al Ashbah wa al Nadzair, Mesir, Mustafa Muhammad, 1936 hal. 55. (Dihimpun Dari beberapa sumber) PRINSIP Hidup impian ATAU CITA-CITA YANG BERASASKAN KEPADA KEIMANAN KEPADA ALLAH SWT dengan MENURUTI CARA Rasulullah SAW AKAN DAPAT MENEGUHKANMEMANTAPKAN HATI DARI SIFAT Putus ASA DAN AKAN SENTIASA MEMILIKI RASA KETAQWAAN YANG JITU DALAM Usaha MENANAMKAN KEYAKINAN KEPADA DIRI KE ARAH Menjadi seorang INSAN yANG BERJAYA DI DUNIA DAN DI Akhirat FALSAFAH SIBER 8220Manusia yang sentiasa menggunakan Internet untuk Urusan sesuatu perkara, tetapi Mereka tidak mahu merebut peluang menjana pendapatan menerusi perdagangan Internet. maka Mereka itu adalah Manusia Yang Teramat Rugi di Ära digitaler ini8221 Profesor Madya Miswan Bin Surip

Comments

Popular Posts